Oleh: Deddy de_DR | Maret 7, 2008

“Mengunduh” Video Youtube with Safari

Anda ingin mendownload video dari Youtube??

eittttttt,,,,, tapi ada syaratnya

Anda harus menggunakan Safari 2.0.4 di atas sistem operasi Mac OS X Tiger 10.4.8. Sepertinya tidak tertutup kemungkinan hal ini dapat dilakukan pada Safari 3, juga pada sistem operasi Windows karena kini Safari juga tersedia untuk Windows XP dan Vista.

Langsung saja… tanpa berbelit-belit, ikuti cara berikut ini :

Pertama, tentunya kita harus menentukan video mana yang ingin kita unduh. Saya mencoba untuk mengunduh video klip Depapepe – Pachelbel’s Canon.

Setelah halaman tersebut terlihat, tunggu hingga proses pemuatan video dimulai video mulai dimainkan, hal ini dapat dilihat dari indikator waktu yang sudah berubah dari 00:00. Ketika video sudah mulai dimainkan pilih menu “Window” – “Activity” dari menu bar.

Lalu akan muncul jendela baru, yakni jendela “Activity”. Dari jendela ini akan terlihat informasi mengenai berkas apa saja yang diakses oleh peramban web Safari. Pilih halaman YouTube yang ingin kita unduh. Dalam contoh kasus ini, saya memilih halaman dengan judul “YouTube – DEPAPEPE Pachelbel’s Canon”. Klik simbol segitiga di samping kiri untuk melihat “anak proses” dari halaman tersebut jika perlu. Dari daftar “anak proses” tersebut, cari alamat URI yang bernama “get_video”. Biasanya berkas tersebut berukuran paling besar.

Klik ganda pada berkas tersebut, dan Safari akan membuka berkas tersebut secara langsung pada jendela baru.

Karena Safari tidak dapat mengenali jenis berkas tersebut, maka Safari akan mencoba mengunduhnya. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya jendela “Downloads” (jika sebelumnya tidak ada jendela tersebut), dan munculnya sebuah entri baru dalam daftar berkas yang diunduh oleh Safari. Jika setelah beberapa lama Safari tidak menunjukkan tanda-tanda mengunduh, coba lakukan “refresh” pada jendela Safari yang beralamatkan berkas video tadi.

Setelah selesai diunduh, berkas tersebut perlu diubah namanya, karena berkas tersebut akan bernama “get_video” saja. Dalam contoh ini, saya mengubah nama berkas tersebut menjadi “Depapepe – Pachelbel’s Canon.flv”. Dan silakan gunakan multimedia player yang mendukung format FLV (Flash Video) untuk memainkan berkas video ini. Untuk sistem operasi Mac OS X, Anda bisa menggunakan QuickTime dengan tambahan Perian.

ATTENTION !!!

Artikel ini dibuat untuk tujuan edukasi saja…

Manfaatkan sebaik mungkin dan jangan di salahgunakan yach🙂

Thank’s to Mas Adham Somantrie.🙂


Responses

  1. ATTENTION !!!

    Artikel ini dibuat untuk tujuan edukasi saja…

    Manfaatkan sebaik mungkin dan jangan di salahgunakan yach


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: